JAKARTA Bank Indonesia (BI) mencatat saat ini belum ada perbankan yang mengajukan Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek (PLJP) dan Pembiayaan Likuiditas Jangka Pendek Syariah (PLJPS) ke bank sentral.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, meskipun sudah ada pelonggaran dan percepatan proses pengajuan PLJP dan PLJPS, yang diatur dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/3/PBI/2017 tentang Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek bagi Bank Umum Konvensional maupun Syariah belum membuat perbankan melakukan pinjaman.

“Sampai saat ini tidak ada bank yang mengajukan PLJP dan PLJPS ke BI, seperti kami smapaikan kami telah lakukan penyempurnaan ketiga dari PLJP dan PLJPS itu dan namun demikian tidak ada yang ajukan itu, dan ini sebagai cerminan dan bukti likuditas di perbankan sangat-sangat tinggi,” kata Perry dalam video virtual, Kamis (19/11/2020).

Dia menambahkan, bahwa likuiditas perbankan saat ini masih sangat kuat dan sehat. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan moneter dan makroprudensial yang ditempuh BI untuk menjaga kondisi likuiditas tetap longgar.

“Ini juga sebagai cerminan maupun bukti bahwa likuiditas di perbankan sangat tinggi,” jelasnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyepakati penguatan proses dalam pemberian Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek kepada perbankan. Hal ini tertuang dalam “Keputusan Bersama tentang Kerja Sama dan Koordinasi BI dan OJK dalam rangka Pemberian Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek (PLJP) dan Pembiayaan Likuiditas Jangka Pendek Syariah (PLJPS)”.

Keputusan Bersama tersebut ditandatangani oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo, dan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso sebagai tindak lanjut terbitnya penyempurnaan ketentuan PLJP/PLJPS Bank Umum pada 29 September 2020.

“Penyediaan PLJP/PLJPS bagi bank yang mengalami kesulitan likuiditas jangka pendek tetapi masih solven ini sangat krusial untuk menjaga stabilitas sistem keuangan. Koordinasi BI dan OJK dalam pemberian PLJP/PLJPS yang bersifat end-to-end ini dilakukan untuk memperlancar pelaksanaan pemberian PLJP/PLJPS dengan tetap menjaga prinsip kehati- hatian dan tata kelola yang baik”ujar Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo

(fbn)

https://economy.okezone.com/read/2020/11/19/320/2312532/bi-sampai-saat-ini-tak-ada-bank-ajukan-pinjaman-likuiditas?page=1